Sejarah dan Legenda Danau Toba

Sejarah dan Legenda Danau Toba , Kita tahu bahwa Danau Toba atau bahasa inggrisnya  Toba Lake merupakan salah satu ikon Parawisata Provinsi Sumatera Utara ,selain Bukit Lawang,Berastagi dan Nias . Danau toba terletak di  3,58°LU 98,67°BT dan barada pada ketinggian 900 m diatas permukaan laut. Danau toba adalah danau vulkanik terluas dengan panjang 100 KM dan Lebar 30 KM dengan kedalaman  kurang lebih 450 m. Danau Toba merupakan danau terbesar di indonesia bahkan terbesar di Asia Tenggara dan satu lagi yang membuat kita bangga bahwa danau toba merupakan danau Vulkanik terbesar didunia,woww keren kan.  Bila kita melihat keindahan danau toba dengan air yang biru dan jernih dengan pemandangan pebukitan hijau yang berjejer semakin membuat kita takjub dengan keindahan alam danau toba.
Menurut Para peneliti,Danau Toba di Sumatera Utara diperkirakan terbentuk sekitar 74.000 tahun yang lalu dari hasil letusan supervolcano (gunung api super). Bahkan menurut Profesor Bill Rose dan Craig Chesner yang merupakan peneliti tentang terbentuknya danau toba dari timbunan-timbunan vulkanik dan letusan gunung berapi, memperkirakan bahwa saat gunung supervulcano toba meledak debu vulcanik yang dihasilkan tertiup angin sampai hampir separuh belahan bumi, yaitu dari cina sampai afrika dan yang lebih mengjutkan lagi bahwa erupsi gunung toba /supervulcano debu vulkaniknya terekam sampai ke kutub utara.
Begitu besarnya bencana meletusnya Gunung Toba,  yang diperkirakan meletus dan melontarkan  material dan bahan-bahan vulkanik  dan debu vulkanik sampai dengan ketinggian 10 km selama 1 minggu  , sehingga terjadi kematian massal dan diperkirakan terjadi penyusutan sebanyak 60 % populasi manusia dibumi saat itu.
Setelah gunung toba meletus, terbentuklah kawah yang kemudian lama kelamaan terisi air sehingga terbentuklah Danau Toba seperti sekarang ini. Sedang kan untuk pulau samosir,pulau yang berada ditengah-tengah danau toba merupakan pulau yang terbentuk akibat tekanan magma yang tidak keluar saat terjadi ledakan gunung toba puluhan ribu tahun yang lalu.
Dan tahu kah anda, di atas Pulau  Samosir juga terdapat dua danau kecil, wow..barati danau diatas danau dong. Dua danau kecil tersebut yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Dua danau ini juga merupakan objek wisata yang penting untuk kita kunjungi saat berada di Pulau Samosir .

Namun selain penjelasan sejarah terbentuknya danau toba secara ilmiah, ada juga Legenda cerita rakyat tentang terbentuknya Danau Toba ini. Mungkin Legenda cerita rakyat ini teman-teman sudah banyak yang mengetahuinya, karena seingat saya waktu kecil orang tua saya juga pernah menceritakan Legenda terbentuknya danau Toba ini, bahkan ada film kartonnya juga . Jadi dalam Cerita Rakyat , terbentuknya Danau Toba karena seorang Pria yang bernama Toba mengingkari janjinya terhadap istrinya yang merupakan Jelmaan dari Ikan mas ajaib yang dalu ditemukannya disebuah kolam. Pada saat itu Toba marah kepada anaknya yang saat itu disuruh istrinya untuk mengantar makanan untuk Toba yang lagi bekerja di Ladang. Toba marah karena makanan yang seharusnya untuk dirinya habis dimakan oleh anaknya saat perjalanan menuju ladang mereka, padahal Toba sudah begitu lelah dan perutnya terasa lapar karena bekerja.  Sangkin kesal dan marahnya kepada anaknya Ia pun lupa akan janjinya kepada istrinya,kemudian   melontarkan kata-kata kepada anaknya " Dasar Kamu Anak Ikan ". Kemudian sang anakpun menagis dan melaporkan hal tersebut kepada istrinya, sehingga terkejutlah si Istri mendengar hal tersebut, bahwa suaminya Toba telah melanggar janjinya sebelum menikahinya. Dan seketika itu juga langit berubah mendung dan petir menyambar-nyambar kemudian turun lah hujan lebat sampai berhari-hari lamanya. Karena hujan yang begitu lebat akhirnya menenggelamkan daerah tersebut sehingga terbentuklah Danau Toba. Pulau di tengah-tengah danau tersebut di namakan Pulau Samosir.

Sekian Sejarah dan Legenda tentang terbentuknya danau toba, semoga bermanfaat ya.



2 comments

Post a Comment

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Darwis's Blog
Back To Top