Seputar kabupaten Asahan-Medan

Seputar kabupaten Asahan-Medan, Kabupaten Asahan adalah salah satu kabupaten yang berada di Medan Sumatera Utara. Secara astronomis Kabupaten Asahan berada pada 2°03'- 3°26' Lintang Utara, 99°1'-100°0' Bujur Timur dengan ketinggian 0–1.000 meter di atas permukaan laut. Kabupaten ini beribukotakan Kisaran. Luas wilayah Kabupaten Asahan 3.675 km² dengan jumlah Penduduknya pada sensus tahun 2010 yaitu 668.272 jiwa. Wilayah administrasi Kabupaten Asahan dibagi dalam 25 kecamatan,100 Keluran dan 237 desa.
Batas wilyah Kabupaten Asahan  disebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Batubara dan Selat Malaka,disebelah Selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Labuhanbatu Utara dan disebelah Barat berbatasan Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batubara serta disebelah Timur kabupaten Asahan berbatasan dengan Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Selat Malaka.

Untuk sektor perekonomian , seperti umumnya daerah-daerah lainnya yang berada di kawasan Sumatera Utara, Kabupaten Asahan termasuk daerah yang beriklim tropis dan memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Sehingga sektor utama perekonomian kabupaten ini adalah pertanian dan perkebunan. Sektor perkebunan didaerah ini meliputi perkebunan kelapa sawit,perkebunan Karet,perkebunan Coklat (kakao) dan perkebunan kelapa dalam. Selain pertanian dan perkebunan sektor perekonimian kabupaten asahan juga digerakan melalui usaha peternakan, Jenis ternak unggulan yang dikembangkan terdiri dari sapi, kerbau, kambing, domba dan ayam. contohnya saja Sentra peternakan sapi dan kerbau terdapat di Kecamatan Buntu Pane, Air Batu, Pulau Rakyat, Aek Kuasan. Sedangkan untuk peternakan ayam, sentra peternakannya terdapat di Kecamatan Air Batu, Meranti, Simpang Empat, dan Air Joman. Sektor perikanan juga merupakan potensi yang besar untuk dikembangkan, Luas areal perikanan laut  kabuparen asahan 57,68 x 60 mil dan garis pantai sepanjang ± 58 km. Namun sayangnya potensi ini belum bisa dioptimalkan.

Suku bangsa di kabupaten asahan 50 % didominasi oleh suku jawa ,dan Batak, lalu diikuti suku melayu,minang,banjar,aceh dll. kabupate Asahan Juga memiliki tempat wisata yang layak untuk dikunjungi yaitu arung jerem di hulu sungai asahan yang bertaraf internasional, serta wisata air terjun Aek sisapa dan air terjun simonang-monang di kecamatan bandar pulo dan kecamatan bandar pasir,mandoge.

sekian sekilas tentang kabupaten asahan ,semoga bermanfaat.

Post a Comment

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Darwis's Blog
Back To Top